Cara Peminjaman dan Pengembalian Bahan Bacaan Di Perpustakaan

Salam budaya membaca kawan pustakawan yang kami cintai.

Maaf bila postingan blog sebelumnya memiliki banyak sekali kekurangan, terutama narasi yang sangat kurang,maklumlah baru belajar ngblog. hehehee

Kali ini Perpustaakaan Desa Semparu akan menjelaskan tentang SOP (Standar Operasional Prosedur) Peminjaman Dan pengembalian Bahan Bacaan di Perpus Desa Semparu.

Pertama-tama kawan-kawan harus menjadi anggota Perpustakaan Desa Semparu terlebih dahulu, cukup mendaftarkan diri ke unit pelayanan perpusdes, dalam hal ini unit pelayanan di tangani oleh saudari Irmawanti atau biasa di panggil mba' Wanti.

Setelah Daftar baru deh kita jalan kan SOP Peminjaman, seperti ini lah prosedurnya:

1. Pemustaka/Pegunjung datang dengan membawa kartu anggota perpustakaan.
2. Pemustaka/pengunjung mengisi buku kunjungan perpustakaan dengan mnunjukkan kartu anggota perpustakaan.
3. Pemustaka/pengunjung memilih bahan bacaan yang akan dipinjam.
4. Pemustaka menyerahkan bahan bacaan yang akan dipijam pada unit pelayanan sirkulasi perputakaan untuk dicatat dan didata dengan menunjukan kartu anggota perpustakaan.
5. unit pelayanan sirkulasi perpustakaan menyerahkan kembali kartu anggota perpustakaan dan bahan bacaan perpustakaan yang yang dipinjam ada permustaka/pungunjung/peinjam setelah dicatat dan didata

Trus baru deh bisa dibawa pulang buat di baca sepuasnya untuk menemani #dirumahaja kawan-kawan putakawan sekalian.

Setelah bahan bacaan habis dibaca dan dipahami isinya, untuk mengembalikan ke perpustakaan pun ada SOP Pengembalian, berikut SOP Pengembaliannya :

1. Pemustaka/Pegunjung datang dengan membawa kartu anggota perpustakaan.
2. Pemustaka/pengunjung mengisi buku kunjungan perpustakaan dengan mnunjukkan kartu anggota perpustakaan.
3. Pemustaka/pengunjung menyerahkan bahan bacaan perputakaan yang telah dipinjam kepada unit pelayanan sirkulasi perpustakaan untuk dikembalikan dan dengan menunjukan kartu anggotta perpustakaan.
4. Putakawan/unit pelayanan sirkulasi perpustakaan menaruh kembali bahan bacaan yang telah dikembalikan oleh pemustaka/pengunjung/peminjamke tempat/lemari/rak berdasarkan seri dan judul bahan bacaan perpustakaan.
5. Penyerahan kembali kartu anggota perputakaan  kepada pemustaka/pengunjung/peminjam.

Selesai deh prosesnya,bila ingin meminjam kembali ya tinggal diulangi aja dari SOP Peminjaman point 3, Gampang kan kawan.

Jadi bila kawan ingin meminjam atau mengembalikan bahan bacaan dari/ke perpustakaan itu sangat gampang yang penting harus menjadi anggota dahulu, atau bila kawan-kawan ingin sekedar membaca didalam perpustakaan tanpa meminjam atau membawa pulang, kawan-kawan2 pemustaka bisa sambil duduk ditempat yang disediakan.

Singkat kata,terima kasih kepada kawan-kawan pemustaka yang sudah mampir dan membaca blog kami yang sederhana ini dan sampai jumpa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Bappeda ke Perpustakaan Desa Semparu

Pelestarian Adat dan Budaya Lokal di Perpustakaan Desa Semparu

Lomba Mewarnai Tingkat TK & Paud se Desa Semparu